Search This Blog

Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Contributors

Wednesday, February 10, 2016

Bootloop pada Smartphone

Bootloop pada Smartphone - Hallo sobat Lapak Flash, Pada postingan yang anda baca kali ini dengan judul Bootloop pada Smartphone, kami telah mempersiapkan postingan ini agar dapat mudah dimengerti oleh anda. Semoga isi postingan pada kategori istilah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bootloop pada Smartphone
link : Bootloop pada Smartphone

Baca juga


Pengertian bootloop
Bootloop adalah masalah kerusakan pada suatu system operasi android dimana tidak bisa melakukan startup, sehingga tidak bisa masuk ke menu utama. Biasanya hanya berhenti sampai logo merk smartphone saja. Atau otomatis kembali ke tampilan awal ketika menghidupkan smartphone, singkatnya restart/reboot terus-menerus sehingga ponsel smartphone tidak bisa digunakan.
Bootloop merupakan masalah yang dialami oleh hampir sebagian besar pengguna gadget khususnya smartphone dengan system operasi android baik ponsel maupun tablet.

Penyebab Bootloop
Kerusakan bootloop tersebut biasanya terjadi karena berbagai sebab diantaranya:
  • Gagal update baik aplikasi maupun system atau kesalahan dalam melakukan instalasi software.
  • Kehabisan baterai, saat ada notifikasi pemberitahuan baterai lemah tidak langsung dicash sampai ponsel mati sendiri karena kehabisan baterai dapat juga menyebabkan bootloop. (penuturan beberapa pasien service hp)
  • Kapasitas cache yang penuh menyebabkan system android berat, biasanya karena penggunaan suatu aplikasi dalam waktu yang lama secara terus menerus misalnya bbm, whatsapp, game dan sebagainya.
  • Kesalahan prosedur saat proses rooting yang biasa terjadi ketika pengguna melakukan tweaking secara berlebihan, kustomisasi tema, modifikasi bootscreen, mengotak-atik system android dan lain sebagainya sehingga terjadi kerusakan system.
  • Terhapusnya elemen android atau file system penting yang dibutuhkan oleh system android.
  • Terserang aplikasi virus atau program jahat seperti malware juga dapat menyebabkan error karena aplikasi ini terinstal di system android sehingga sangat mempengaruhi kinerja sistem.


Mengatasi Bootloop
Cara mengatasi bootloop tergantung dari seberapa parah dan penyebab bootloopnya. Dalam beberapa kasus bootloop ringan dapat diatasi dengan melakukan hard reset pada smartphone Kita. Cara hard reset setiap orang dapat melakukannya tanpa keahlian khusus, bisa dicoba dan tidak perlu takut gagal.
Namun bila sudah dilakukan hard reset masih tetap saja bootloop, maka ponsel perlu diflash. Flashing memerlukan proses dan cara tertentu sehingga perlu dipelajari terlebih dahulu sebelum melakukannya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Sekian artikel tentang kerusakan smartphone bootloop, semoga artikelnya bermanfaat.

Demikianlah ulasan tentang Bootloop pada Smartphone kali ini, mudah-mudahan bisa dipahami dan memberi manfaat untuk kalian. Pantau terus blog kami untuk terus update di postingan lainnya.

Anda sekarang sedang membaca artikel Bootloop pada Smartphone dengan alamat link https://lapakandroid23.blogspot.com/2016/02/bootloop-pada-smartphone.html
0 on: "Bootloop pada Smartphone"